Senin, 17 November 2008

YUDAS PENGKHIANAT ATAU PENYELAMAT

Toko Buku Gramedia menolak menjual sebuah buku tentang Yudas yang ditulis oleh penulis anak negeri.

Anehnya, buku dengan tema sama yang ditulis orang asing dan diterjemahkan ke bahasa Indonesia marak beredar di toko itu.

Buku-buku yang menjelaskan tentang jati diri Yudas Eskariot memang sedang marak beredar di berbagai toko buku. Toko buku Gramedia sebagai salah satu took buku terbesar di Indonesia juga tidak ketinggalan. Judul-judul seperti Injil Yudas (The Gospel of Judas) karya Rodolphe Nasser, Kisah Pencarian Injil Yudas (The Lost Gospel) karya Herbert Krosney, dan Menafsir Ulang Peran Yudas (The Secreet of Judas) karya James M. Robinson mudah ditemukan.

Tapi rupanya tidak untuk buku tentang (juga) Yudas yang berjudul Yudas Pengkhianat atau Penyelamat? Buku yang diterbitkan Penerbit Lentera ini terpaksa harus hilang dari peredaran lantaran dikhawatirkan bisa menimbulkan kesalahpahaman dan gejolak di masyarakat. Ini kata Rubedo ya

ng sehari-harinya adalah Kepala Pembelian toko buku Gramedia Matraman, tempat Dhani mencari-cari si buku.

Rubedo tidak bisa menjelaskan mengapa buku-buku terjemahan yang bertema sama bisa tetap dijual sedangkan buku yang ditulis Musadiq ditolak.

Toko buku Gramedia Matraman menerima buku Musadiq awal Oktober lalu.

Tidak seperti buku-buku lain, buku Musadiq tidak langsung dipajang – tapi dibaca dan didiskusikan lebih dahulu. Ada enam toko buku yang ikut mendiskusikan, yakni Gramedia Pondok Indah, Gramedia Depok, Gramedia Matraman, Gramedia Kelapa Gading, Gramedia Bekasi, dan Pusat Pengadaan Gramedia.

Hasil diskusi menyimpulkan buku Yudas Pengkhianat atau Penyelamat? sangat sensitif bagi kalanga

n tertentu dan diputuskan untuk di-retur (dikembalikan ke penerbit atau distributor). Keputusan untuk me-retur buku adalah hak otonomi tiap toko buku di lingkungan Gramedia. Tapi antartoko buku biasanya terjalin komunikasi yang sangat kuat. Maka, jika ada buku yang sensitif, biasanya mereka akan berdiskusi dan memutuskan untuk dijual atauditolak.

Kalau saja setiap orang membaca buku hanya sebagai bahan bacaan dan penambah ilmu pengetahuan,semua buku akan dijual. Tapi kenyataanya kan tidak.

Oleh karena itu kami harus memiliki etika juga dalam menjual buku, kata Rubedo.

Buku Yudas Pengkhianat atau Penyelamat terbit September 2006. Awalnya dicetak 3.000 eksemplar.

Seharusnya tugas toko buku hanya menjual dan tidak perlu menjadi komentator buku.

Melalui buku yang ditulisnya, Musadiq ingin membuktikan bahwa Yudas sesungguhnya bukanlah pengkhianat. Selama dua milenium Yudas dijadikan simbol pengkhianat sejati, koruptor ulung, dan manusia

terkutuk. Akibatnya, tak seorang pun ingin disejajarkan dengannya. Di dalam buku Musadig dipaparkan benang merah kronologis tentang Yudas. Dengan begitu diharapkan pembaca bisa tahu siapa sebenarnya Yudas.

Harga:Rp.55.000,-+ongkos kirim sesuai tarif pos "kilat khusus",klik di: http://www.posindonesia.co.id/tarif_skh.php , dr Jakarta Timur & transfer ke rek: BCA No: 6310141249. Konfirmasi via chat Yahoo Messenger/id/e-Mail : oase_bc@yahoo.co.id atau hp no: 0811841321. Dan jika anda membutuhkan informasi buku-buku lain dapat melalui chat via YM, silahkan klik ikon YM dibawah ini:

Poskan Komentar