Sabtu, 08 November 2008

MISTERI KUN : Syajaratul Kaun dari Hikayah Iblis.

Oleh: Ibnu Arabi.

Doktrin Tentang Person Muhammad SAW.

Misteri Kun (Syajaratul Kaun), kitab karangan Ibn A'rabi Maestro asal Spanyol, berisi tentang doktrin tentang pribadi manusia pilihan (Muhammad SAW) dalam hal ini hubungannya dengan Allah SWT, manusia dan alam secara keseluruhan. Disimbolkan semuanya itu dengan “pohon” yang muncul dari sebutir benih kun. Suatu penuturan simbolik yang acapkali ditemukan dalam karya-karyanya. Karena ciri penyampaian secara simbolik yang sulit dipahami dan juga faktor fanatisme para ulama fiqih (jurispruedence) dan kalam yang ortodoks, kemudian mereka membatasi ruang gerak perkembangan pemikiran Ibn Al Arabi dan mereka menganggap sesat dan keluar dari agama Islam.



Allah menciptakan segala sesuatu yang ada di alam raya ini dengan kata “Kun” (wujudlah), dimana dengan kata tersebut Dia mewujudkan segala sesuatu yang diwujudkan, sehingga tidak pernah ada apapun yang wujud ini kecuali keluar dari hakikat yang tersembunyi dari kata “Kun”, sementara tidak ada sesuatupun yang tersembunyi kecuali keluar dari yang selalu terjaga. Allah berfirman :
“Sesungguhnya perkataan Kami terhadap sesuatu apabila kami menghendakinya, Kami hanya mengatakan “Kun” (wujudlah), maka iapun jadi “wujud”. (QS. An Nahl:40).



Selanjutnya Ibn Arabi membayangkan bahwa alam raya (kaun) atau alam kosmos ini adalah seluruhnya Pohon, sementara pangkal cahayanya berasal dari satu benih kun, dimana huruf kaf (dari katan kun) dikawinkan dengan serbuk benih (Al Waqiah :57) Dari penyerbukan benih itu muncul buah (Sesungguhnya kami menciptakan sesuatu itu menurut ukurannya QS. Al Qamar:49). Dari sini muncul dua dahan yang berbeda dari satu akar yang sama. Akar tersebut adalah AL Iradah (Kehendak), sementara cabangnya adalah AL Qudrah (Kuasa). Nah, dari esensi (jauhar) Kaf muncul dua makna berbeda, yaitu Kesempurnaan (Pada hari ini kusempurnakan agamamu QS. AL Maidah :3) dan Kekufiran “ Maka diantara mereka ada yang beriman dan ada pula yang kufur” . QS. AL Baqoroh : 253),


Sementara dari jauhar esensi Nun akan muncul ketidak tahuan (Nun Nakirah) dan pengetahuan tentang Tuhan (Nun Marifat). Ketika ditampakkan kepada mereka dari Kun ketiadaan pada hukum yang dikehendaki oleh ke Qadiman, maka dia memercikkan sinar kepada mereka, sinar-Nya. Orang yang terkena sinar tersebut, kemudian ia memandang gambaran “pohon kejadian (alam” atau syajaratul Kaun yang tumbuh dari benih Kun, ia akan memiliki kebahagiaan yang ada dalam rahasia kaf-nya seperti gamabaran firman Tuhan “Kalian adalah umat terbaik yang dilahirkan oleh manusia” QS. Ali Imran:110



Sedangkan perihal pohon digambarkan oleh firman-Nya: “Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik, akarnya tegak dan cabangnya (menjulang ke langit)”. (Q.S. Ibrahim : 24)

Demikian ajaran ringkas Kun, Nya Ibn Arabai.



Sekilas tentang pengarang, Ibnu Arabi terkenal dengan doktrin Wahdatul Wujud, biasa dipanggil : “Muhyiddin” (“Penghidup agama”) Ibn Arabi. Dianggap filsuf atau tokoh sufi paling dibicarakan sepanjang zaman, oleh karenanya mendapat julukan As Syaikh Al Akbar (“Mahaguru”).


Satu di antara pertanyaan besar yang selalu menggoda banyak kalangan dari abad ke abad, adalah dari mana manusia dan semesta alam ini berasal? Dalam buku Ibnu 'Arabi ini: la menggabungkan elemen-elemen pemikiran mistis, agamis dan filosofis secara simultan dalam jalinan yang komprehensif.


Dalam hal ini Islam, telah menjelaskan bahwa awal keterciptaan alam dengan berbagai ragamnya adalah berasal dari kekuatan Kun Fayakun (Huruf Kaf dan Nun) Tuhan. Dari kedigdayan Kun-Nya inilah kemudian terpancar kekuatan meta-energi yang memungkinkan alam ini terbentuk dari kondisi kekosongan, dan meta-energi ini oleh Ibnu 'Arabi disebut cahaya spiritual Nur Muhammad.


Benih Kun (memakai huruf "Kaf" Al-Kauniyyah) dikawinkan dengan serbuk benih penciptaan . (QS Al-Waqi'ah: 57). Dari sinilah kemudian muncul dua dahan yang berbeda dari satu akar yang sama. Al~Iradah (Kehendak) dan Al-Qudrah kuasa) Tatkala tampak Wujud dari singgasana ketiadaan dengan dihembuskan angin segar Al-Qudrah, diasuh dan dipelihara oleh kelembutan dan belaian Al-Hikmah (kebijaksanaan) serta dihujani oleh awan Al-iradah dengan berbagai keajaiban ciptaan, maka 'tu menumbuhkan berbagai macam dahan yang muncul dari pohon sesuai dengan apa yang telah ditentukan dalam ke-Qadim-annya.


Manusia diciptakan Allah sesuai dengan citra-Nya dalam bentuk nama Muhammad dan kepala bulat seperti bulatnya huruf mim pertama, sedang tangan dan lambungnya seperti huruf ha', sedangkan perutnya seperti huruf mim kedua, dan kedua kakinya renggang seperti huruf dal.. Berbagai alam pun diciptakan-Nya sesuai dengan bentuk tata ruang Muhammad: alam fisik (muluk) seperti alam jasmaninya, sedangkan alam nonfisik (malakut) seperti alam ruhaninya. Kepadatan alam bawah seperti kepadatan alam jasmaninya, sedangkan kelembutan alam atas seperti alam ruhaninya. Hikmah diciptakannya manusia dari kelembutan dan kepadatan (nur) Muhammad adalah agar menjadi sempurna ciptaan dan sifatnya, karena Allah menciptakannya dari dua hal yang berlawanan: jasmaniah dan ruhaniah. Jasmaniah dan basyariyyah (kemanusian) Muhammad SAW. diciptakan agar beliau bisa bertemu dengan manusia dan berbagai hal yang punya dimensi bentuk dan rupa, sehingga dijadikan suatu potensi (kekuatan) yang sanggup menerima manusia, untuk membantu mereka dengan madah kemanusiaannya ini.


Buku ini langka, karena keseluruhan bahasan menggambarkan signikansi dari kehadiran Nabi Muhammad SAW. dalam kehidupan yang jarang sekali disentuh oleh pengarang-pengarang muslim. Hal ini bisa dimaklumi, karena untuk mengungkap keagungan Muhammad SAW. dalam aspek spiritualnya, apalagi bagi tatanan kosmos secara keseluruhan, memang membutuhkan penghayatan mendalam dan kaya terhadap wacana-wacana esoteris Islam seperti yang dimiliki "Syekh Al-Akbar " Ibnu 'Arabi. Mungkin buku inilah satu-satunya wacana kosmologi yang patut dipertimbangkan — dalam literatur Islam berbahasa Indonesia -tentang Nabi Muhammad SAW. dalam tradisi Islam sebagai cara penceritaan yang membangkitkan kegairahan spiritual akan Kemahabesaran Allah dan kemuliaan Nabi terakhir-Nya tersebut.


Harga:Rp.15.000,-+ongkos kirim sesuai tarif pos "kilat khusus",klik di: http://www.posindonesia.co.id/tarif_skh.php , dr Jakarta Timur & transfer ke rek: BCA No: 6310141249. Konfirmasi via chat Yahoo Messenger/id/e-Mail : oase_bc@yahoo.co.id atau hp no: 0811841321. Dan jika anda membutuhkan informasi buku-buku lain dapat melalui chat via YM, silahkan klik ikon YM dibawah ini:

Posting Komentar