Jumat, 16 Januari 2009

TELAH DATANG ZAMANNYA

Dari Thariq bin Syihab, ia berkata: Kami pernah duduk bersma Abdullah bin Mas’ud, lalu datang seorang laki-laki dan ia berkata: “Sesungguhnya shalat telah ditegakkan.” Lalu beliau berdiri dan kami pun turut bersama beliau, maka ketika kami masuk ke masjid kami melihat manusia sedang ruku’ di dalam masjid kami melihat manusia sedang ruku’ di dalam masjid, maka beliau (langsung) bertakbir dan ruku’, lalu kami pun ruku’ kemudian kami berjalan (sambil ruku’ menuju ke shaf) dan kami mengerjakan seperti yang beliau kerjakan. Lalu lewat seorang laki-laki dengan tergesa-gesa sambil mengucapkan: “Alaikas salaam wahai Abdurrahman!” Beliau berkata: “Shadaqallahu wa Rasuluhu (Benarlah Allah dan Rasul-Nya).” Maka ketika kami telah selesai shalat kami kembali (dan) beliaupun masuk ke rumahnya. Kami duduk, maka sebagian dari kami berkata kepada sebagian yang lainnya: “Tidakkah kamu mendengar jawabannya kepada laki-laki tersebut:Benarlah Allah dan para Rasul-Nya telah menyampaikan (risalah-Nya). Siapakah diantara kamu yang akan bertanya kepadanya?”.

Jawab Thariq:”Aku yang akan bertanya kepadanya”.

Lalu Thariq bertanya kepadanya ketika beliau ke luar (dari rumahnya), maka beliau menyebutkan (sebuah hadits) dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam (beliau bersabda): “Sesungguhnya di hadapan hari kiamat (akan terjadi): Memberi salam hanya kepada orang-orang yang khusus (yakni yang dikenal saja). Tersebarnya perdagangan sehingga seorang istri membantu suaminya di dalam berdagang. Terputusnya hubungan kekeluargaan (silatur rahim). Saksi palsu. Disembunyikannya saksi yang haq. Dan tersebarnya pena (tulisan dan kitab-kitab).” (Hadits shahih riwayat Ahmad (I/407-408 no.3870). dan hadits ini telah dishahikah atas syarat Muslim oleh Imam Albani di kitabnya Silsilah Shahihah (no.647).

Di antara fiqih hadits yang mulia ini ialah:

1. Sebagai tanda atau alamat dari kenabian dan kerasulan belaiu shallallahu ‘alaihi wa sallam. Bahwa apa yang beliau kabarkan tentang sebagian dari tanda-tanda kedatangan hari kiamat telah terjadi dan kini telah berlangsung kejadiannya dan kita sebagai pelakunya.

· Kita hanya memberi salam kepada muslim yang kita kenal saja. Atau orang-orang tertentu saja yang kita ketahui. Adapun kepada muslim yang kita tidak mengenalnya, maka kita tidak memberi salam kepadanya. Padahal salah satu perbuatan di dalam Islam yang paling baik ialah memberi salam kepada muslim yang kita kenal dan yang tidak kita kenal sebagaimana ditegaskan dalam hadits shahih riwayat Bukhari (no.12) dan Muslim (no.39). Hal ini menunjukkan bahwa kita telah kehilangan sejumlah keutamaan yang sangat besar sekali karena kita hanya memberi salam kepada orang-orang yang khusus saja.

Tidak terhitung jumlahnya berapa banyak istri-istri membantu suaminya berdagan. Demikian juga tentang terputusnya silaturrahim. Saksi palsu dan disembunyikannya persaksian yang haq menjadi pekerjaan sehari-hari.

· Demikian juga dengan tersebarnya pena, yakni begitu banyaknya tulisan dan kitan-kitab diterbitkan. Tentu saja tulisan tulisan tersebut ada yang bermanfaat dan mudharat bahkan kufur dan syirik atau ada yang terpuji dan tercela. Barang siapa menulis sesuatu yang bermanfaat, maka dia terpuji sebagai pelaku dari salah satu tanda-tanda hari kiamat. Sebaliknya, barang siapa yang menulis tentang sesuatu yang mudharat, maka dia tercela sebagai pelaku salah satu dari tanda-tanda hari kiamat. Saya berharap mudah-mudah Allah Jalla Jalaaluhu memasukkan saya kedalam golongan yang pertama bersama saudara-saudara saya sesama penulis yang berjalan diatas manhaj salaful ummah. Allahumma amin.

2. Ma’mum masbuq mendapat satu raka’at apabila mendapati imam sedang ruku’, kemudian dia ruku’ sebelum imam bangkit dari ruku’.

3. Ma’mum masbuq apabila mendapati imam sedang ruku’maka hendaklah ia segera ruku’ meskipun dia belum masuk ke dalam shaf. Kemudian ia berjalan sambil ruku’ masuk ke shaf yang sekiranya jarak antara dia ruku’ dengan shaf tidak jauh.


Harga:Rp.48.000,-+ongkos kirim sesuai tarif pos "kilat khusus",klik di: http://www.posindonesia.co.id/tarif_skh.php , dr Jakarta Timur & transfer ke rek: BCA No: 6310141249. Konfirmasi hp no: 0811841321. Dan jika anda membutuhkan informasi buku-buku lain & selanjutnya klik pada “posting lama” pd sudut kanan bawah...! atau dapat melalui chat via YM, silahkan klik ikon YM dibawah ini:

Posting Komentar