Sabtu, 18 Oktober 2008

ARUS BARU ISLAM RADIKAL

Fenomena semaraknya ekspresi keagamaan di abad XX ditandai dengan munculnya pemikiran dan gerakan yang diilhami oleh gagasan kebangkitan (revivalism) Islam. Revivalisme ini diilhami oleh para pemikir Timur Tengah yang menjadi pusat perkembangan agama Islam.

Gerakan Islam baru ini tentunya berbeda dengan gerakan Islam Tradisional yang telah lama berada di tengah-tengah masyarakat. Buku "Arus Baru Islam Radikal" karya M. Imdadun Rahmat ini mengulas tentang banyak hal yang berhubungan dengan gerakan revivalisme tersebut. Ada tiga pergerakan yang mempunyai peranan penting dalam penyebaran pemikiran revivalisme. Tiga pergerakan tersebut adalah Ikhwanul Muslimin, Hizbut Tahrir, dan Gerakan Salafi.

Ulasan yang komprehensif tentang sejarah, pemikiran, ideologi, dan agenda pergerakan dari ketiga revivalis tersebut dapat disimak dalam buku ini. Mereka mempunyai ideologi, pemikiran, dan pola pergerakan yang berbeda dengan Islam tradisionalis. Ketiga pergerakan ini lebih versifat literalis, konservatif, radikal, dan ekslusif. Mereka mempunyai beberapa perbedaan sebagai ciri khas masing-masing gerakan, namun mereka memiliki satu tujuan yang sama, yaitu pembentukan daulah islamiyyah (negara Islam) dan mewujudkan negara yang berdasarkan atas syariat Islam.

Islam radikal di Indonesia merupakan wujud transmisi dari Ikhwanul Muslimin, Hizbut Tahrir, dan Gerakan Salafi. Mereka menyebar ke Indonesia melalui mahasiswa-mahasiswa Islam yang pernah nyantri di Timur Tengah, antara lain Mesir, Yaman, Arab Saudi dan lain-lain. Mahasiswa-mahasiswa tersebut banyak menyerap berbagai literatur dari pemikiran Hasan al-Banna, sayid qutb, Yusuf Qardlawi, Syaikh Musthafa Manshur dan lain sebagainya.

Ikhwanul Muslimin, Hizbut Tahrir, dan Gerakan Salafi di Indonesia diulas secara komprehensif dalam buku ini dan disertai dengan sumber-sumber akurat serta wawancara dengan aktivis-aktivis gerakan-gerakan tersebut. Sistem da’wah yang menjadi ikon mereka juga coba dijelaskan penulis melalui pemaparan yang koheren. Gerakan revivalisme ini tidak hanya beredar di masyarakat, akan tetapi juga telah memasuki kampus-kampus, seperti di ITB, Universitas Malang (d/h IKIP Malang), IPB, UI dan berbagai universitas lainnya.

Akhirnya, buku ini menarik untuk mengetahui seluk beluk Islam Radikal dan berbagai macam pergerakannya. Sepak terjang Islam Radikal di Indonesia sebagai warga baru perlu kita cermati bersama sebagai sebuah momen dialektis untuk lebih bersikap toleransi dalam menghadapi kemungkinan pertentangan antara Islam Radikal dengan Islam Moderat, Islam Modernis dengan Islam Tradisional, dan pertentangan antara berbagai aliran dalam Islam. Wallahu ‘alam.

Harga: Rp.46.500,- + ongkos kirim sesuai tarif pos "kilat khusus", klik di: http://www.posindonesia.co.id/tarif_skh.php , dr Jakarta Timur & transfer ke rek: BCA No: 6310141249. Konfirmasi via YM/e-Mail : oase_bc@yahoo.co.id atau hp no: 0811841321

Posting Komentar