Sabtu, 26 April 2008

BUKA HATI KITA...!!!

Jika kita cermati lebih dalam, maka akan didapati deskripsi sebahagian besar umat Islam, masih memahami Islam sebagai suatu agama dogma dengan aturan yang baku yang merupakan harga mati dan hanya berbicara tentang kehidupan sesudah mati (heaven oriented).

Disisi yang lain, kita saksikan dunia Islam yang dari masa-kemasa, hanya memperselisihkan masalah2 seperti contohnya jenis2 air, ada yang suci, suci tapi tidak dapat digunakan untuk bersuci, dan seterusnya.

Hari demi hari, kita selalu dipancing bergulat dalam perbedaan-perbedaan pendapat perihal: bagaimana bersuci yang benar, bilangan rakaat tarawih yang sebenarnya, apakah rokok haram atau makruh; bolehkah zakat fitrah dibayarkan dengan uang atau harus dengan makanan pokok; dan hal lainnya seputar problema “fiqih”.

Jika diperhatikan dengan cermat yang dibutuhkan saat ini bukanlah sekedar fatwa, dan bukan pula cerita sekitar teror kematian dan akhirat.

Namun yang lebih mendesak dan harus di prioritaskan adalah bagaimana mem-bebaskan umat Islam dari belenggu kelaparan serta monster penindasan sosial serta ekonomi.

Sudah saatnya dan tidak ada waktu untuk berdebat lagi bagi umat Islam, terutama mereka yang memiliki potensi serta otoritas, untuk tidak lagi berkubang dalam lumpur “iktilaf” untuk tidak menghabiskan waktu memperdebatkan problematika “furu” dalam fiqih yag bersifat “sektarian”.

Islam yang dibawa oleh Muhammad SAW, adalah agama dengan misi pembebasan, membebaskan kaum tertindas dari ketertindasan atas nama teologi dan dari ketertindasan atas nama tradisi yang memposisikan kaum lemah dalam posisi sub-ordinat secara sistematis.

Mari sama-sama kita buka hati....!!!

Posting Komentar