Selasa, 04 November 2008

AHMADINEJAD ON PALESTINE

Penulis : Dina Y. Sulaeman

Penerbit : Pustaka IIMaN

Tahun terbit : 2008

Jumlah Hlm : 236

Sering, bila kita membaca tulisan atau buku mengenai Palestina yang ditulis penulis muslim, sudut pandangnya adalah perang atau jihad. Namun buku ini, memberikan perspektif baru. Penulisnya, Dina Y. Sulaeman, urang awak asli yang kini tinggal di Bandung, memulai proses penulisan buku ini dengan berbagai kegelisahan dan tanya. Seperti apakah sesungguhnya situasi di luar sana? Apa yang benar-benar dirasakan orang Palestina? Bagaimana sebenarnya isi hati orang-orang Israel sendiri? Di manakah jalan keluar? Berbagai kegelisahan dan pertanyaannya terjawab setelah ia menelaah pidato-pidato Presiden Iran Dr. Mahmoud Ahmadinejad.

Di antara solusi yang ditawarkan Ahmadinejad adalah one state solution, sebuah solusi yang sebenarnya juga banyak diungkapkan sebagian peneliti masalah Palestina, namun gaungnya tak terdengar keras dalam kancah politik Timur Tengah. Penyebabnya apalagi kalau bukan karena Amerika Serikat dan Rezim Zionis Israel sama sekali tak sepakat pada “solusi satu negara” ini. Di tangan Dina, one-state solution ini dibahas dengan gamblang dan sederhana, sehingga mudah dimengerti dan diterima logika. Namun, tentu saja, penerapannya tak semudah itu. Rezim Zionis tidak akan membiarkan solusi ini teraplikasikan karena konsekuensinya, rezim ini harus dibubarkan dan dibentuk satu pemerintahan baru bersama Arab-Palestina dan Yahudi-Palestina. Solusi ini mirip dengan apa yang telah berhasil diterapkan di Afrika Selatan, dimana rezim Apartheid dibubarkan dan dibentuk negara yang mengakui kesamaan hak kaum kulit putih dan kulit hitam.

Buku ini diberi endorsement oleh enam pakar politik dari Universitas Padjadjaran, antara lain Prof. (em) Judistira K.Garna, Ph.D, Dr. Dede Mariana, Wawan Budi Darmawan, M.Si, R. Widya Setiabudi, M.T., Budi Utomo M.Si, dan Arry Bainus, M.A. Menarik mengamati komentar Budi Utomo M.Si, dosen Ilmu Politik Unpad, “Delapan tahun menetap di Iran membuat tulisan Dina mengenai Timur-Tengah, terutama mengenai konflik Palestina-Israel memiliki sudut pandang yang berbeda dari kebanyakan tulisan terkait. Pertanyaan-pertanyaan seperti mengapa kita harus repot-repot memikirkan konflik Palestina-Israel? Apa orang-orang Arab memang ingin membuang orang-orang Yahudi, atau orang Yahudi ingin menghabisi orang Arab, dibahas secara menarik. Dengan bahasa yang tidak banyak bermetafora, penulis menyajikan rangkaian peristiwa seperti Holocaust dan detail konflik Palestina-Israel secara lugas dan enak dibaca bagi siapapun.”

Harga: Rp.52.000,- + ongkos kirim sesuai tarif pos "kilat khusus", klik di: http://www.posindonesia.co.id/tarif_skh.php , dr Jakarta Timur & transfer ke rek: BCA No: 6310141249. Konfirmasi via chat Yahoo Messenger/id/e-Mail : oase_bc@yahoo.co.id atau hp no: 0811841321. Dan jika anda membutuhkan informasi buku-buku lain dapat melalui chat via YM, silahkan klik ikon YM dibawah ini:

Posting Komentar